SOSIALISASI POSKESTREN DI PONPES AL-ITTIHAD KELURAHAN PASIR KIDUL

Image

Rabu, 11 April 2018, Program Promosi Kesehatan dan UKM Puskesmas Purwokerto Barat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Poskestren atau Pos Kesehatan Pesantren di Pondok Pesantren Al-Ittihad Kelurahan Pasir Kidul. Tujuan dari kegiatan ini sebagai langkah untuk memotivasi peningkatan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) di lingkungan Pondok Pesantren dan untuk mewujudkan warga Pondok Pesantren yang sehat, peduli, dan tanggap pada masalah kesehatan,

Pimpinan PP Al-Ittihad mendukung kegiatan ini dan telah terbentuk kepengurusan Poskestren dengan diketua oleh bapak KH. Drs Mughni Labib, MSI. Kegiatan selanjutnya yaitu Pembinaan dari Puskesmas untuk pemberdayaan Poskestren agar lebih mandiri dan akan diadakan Pelatihan bagi Kader Kesehatan/ Santri Husada. Hj. Minhatul Mughits menambahkan “Kami sangat berharap dengan adanya pembinaan langsung dari Puskesmas Purwokerto Barat, Poskestren bisa berjalan dengan baik”.

Harapan dengan adanya Poskestren di Pondok Pesantren Al-Ittihad dapat meningkatnya pengetahuan warga Pondok Pesantren tentang kesehatan. Meningkatnya sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat bagi warga Pondok Pesantren. Meningkatnya peran aktif warga pondok pesantren dalam penyelenggaran upaya kesehatan. Terpenuhinya pelayanan kesehatan dasar bagi warga Pondok Pesantren. Selain itu, mampu melakukan survei mawas diri untuk mengetahui faktor risiko berbagai masalah kesehatan di Pesantren. Dan yang terakhir mampu melaksanakan pencatatan kegiatan Poskestren secara mandiri.

.

Komentar